Selamat Datang di Blog Buletin Tarbiyah. Buletin Pertama dalam sejarah Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin.

Mohon saran, kritik, komentar dan masukan demi perbaikan buletin Tarbiyah akan datang.

Sertifikasi Guru Agama Tahun 2008 Telah Berakhir

Dalam rangka peningkatan profesionalisme guru dan hubungannya dengan peningkatan kesejahteraan para guru, Sertifikasi merupakan hal yang mutlak untuk dilaksanakan, sebagai pemberian Sertifikat Pendidik bagi guru-guru yang sudah memenuhi kriteria untuk menyandang gelar Guru Profesional.

Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin ditunjuk sebagai satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Kalimantan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara Sertifikasi bagi Guru Agama dalam Jabatan sesuai dengan SK Mendiknas Nomor: 057/O/2007. Sejak tahun 2006 sampai tahun 2008 LPTK Fakultas Tarbiyah menjalankan amanah tersebut dengan baik.Di tahun 2008 ini, kouta peserta yang mengikuti Sertifikasi Guru Agama berjumlah 1562 orang yang terdiri dari 904 orang dari Propinsi Kalimantan Selatan, 329 orang Propinsi Kalimantan Tengah dan 329 orang Propinsi Kalimantan Timur. Adapun hasil dari penilaian portofolio sampai dengan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), yang dinyatakan Lulus Sertifikasi dan berhak menyandang gelar Guru Profesional berjumlah 1516 orang. 890 orang dari Propinsi Kalimantan Selatan, 316 orang dari Propinsi Kalimantan Tengah dan 310 orang dari Propinsi Kalimantan Timur. Sedangkan sisanya yang berjumlah 13 orang dinyatakan tidak lulus.

Di bulan Mei 2009 ini, LPTK Fakultas Tarbiyah akan menyerahkan sertifikat pendidik ke semua peserta Sertifikasi Guru tahun 2008 yang lulus secara serentak. Untuk teknis pengambilannya diserahkan kepada Mapenda-Mapenda Depag Kabupaten/Kota masing-masing. Dan kabar yang mengembirakan ialah bahwa tunjangan bagi guru yang telah lulus Sertifikasi akan segera dibayar pada tahun ini juga.

Semoga pelaksanaan Sertifikasi Guru yang merupakan amanah dari Undang-Undang Guru dan Dosen dapat mewujudkan guru-guru yang benar-benar profesional di bidangnya, sehingga kualitas pendidikan nasional kita semakin meningkat dan lebih maju. Semoga..!(RN)

0 komentar:

Posting Komentar